Kewirausahaan Digital
Wirausaha digital
merupakan fenomena yang timbul karena adanya perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi yang sangat pesat. Dengan adanya wirausaha digital, pelaku
bisnis dapat memasarkan produknya melalui jejaring elektronik. Semua orang dapat
terjun dalam kewirausahaan digital apabila menguasai pengetahuan mendasar pada
bidang teknologi informasi dan komunikasi. Kewirausahaan digital sangat penting
bagi para pelaku bisnis karena dengan berkembang pesatnya teknologi informasi dan
komunikasi dapat membantu pelaku bisnis untuk memasarkan produknya di berbagai platform,
seperti Zalora, Shopee, Lazada dan Tokopedia. Selain itu, dengan berkembangnya teknologi
informasi dan komunikasi dapat membantu dalam hal pendistribusian produk.
Produk yang telah dikirim dapat dilacak oleh customer secara real-time
menggunakan GPS. Beberapa contoh perangkat lunak yang perlu dikuasai untuk
membantu pekerjaan para pelaku bisnis adalah SAP Business One dan Odoo. Karena
itulah wirausaha digital sangat penting karena dapat membantu untuk mengontrol
kegiatan operasional perusahaan.
Terdapat 5 hal dalam
strategi bisnis yang diperlukan dalam era digital, yaitu:
1. Customer Focus
Keunggulan
kompetitif diperoleh dengan berfokus pada kepuasan pelanggan. Pelaku bisnis memberikan
jasa khusus pada pelanggan sehingga menjadi diferensiasi jika dibandingkan
dengan pesaing lain.
2. Omnichannel
Omnichannel digunakan untuk
menghubungkan dunia offline ke online. Pelaku bisnis sebisa
mungkin berusaha untuk menghubungkan kegiatan operasionalnya yang awalnya offline
ke online.
3. Big Data
Pelaku
bisnis menggunakan SAP Business One untuk mendukung transaksi bisnis,
serta membuat data warehouse (supply check) untuk pengambilan keputusan.
Dengan menggunakan big data, pelaku bisnis dapat memprediksi hal apa
saja yang dapat terjadi selanjutnya melalui data yang telah terdapat pada
periode sebelumnya. Big data dapat juga digunakan untuk mengetahui
apakah ada pesaing yang masuk ke customer tertentu. Hal tersebut dapat
dilihat melalui perilaku customer tersebut.
4. Cybersecurity
Cybersecurity penting untuk
melindungi informasi bisnis perusahaan. Cybersecurity sangat dibutuhkan
karena dalam dunia digital pelaku bisnis saling terhubung satu dengan yang
lain. Dengan cybersecurity yang baik, maka pelaku bisnis dapat
melindungi informasi-informasi penting perusahaan dari kebocoran serta
kemungkinan terkena virus.
5. Digital Capability
Digital
Capability
(kapabilitas digital) diperlukan untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia
digital. Apabila pelaku bisnis telah mengetahui kapabilitas apa yang dibutuhkan
untuk masuk ke dunia digital, maka akan lebih mudah bagi pelaku bisnis tersebut
untuk berkembang.
Sebelum membahas
tantangan dan peluang bisnis digital di Indonesia, kita harus mengetahui apakah
bisnis digital itu sendiri sudah masuk ke Indonesia. Terdapat 4 (empat) elemen yang
menjadi parameter untuk mengetahui apakah bisnis digital sudah masuk ke
Indonesia. Berikut merupakan elemen-elemen tersebut.
1. Mobile Internet
Pada
tahun 2015, terjadi peningkatan yang signifikan pada penggunaan mobile
internet di Indonesia.
2. Cloud Technology
Pelaku
bisnis di Indonesia sudah banyak menggunakan cloud technology untuk
menempatkan program dan datanya. Dengan adanya cloud technology,
pelaku bisnis tidak perlu membangun infrastruktur sendiri untuk mengontrol anak
perusahaan yang tersebar di berbagai wilayah.
3. Internet of Things
Dengan
adanya internet of things, perusahaan dapat melacak armadanya menggunakan
GPS secara real-time. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengetahui serta
mengontrol karyawan apabila melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
4. Big Data and Advanced Analytics
Dengan menggunakan big
data dan advanced analytics, pelaku usaha dapat memperkirakan kapan
terjadinya peak season sehingga dapat memprediksi pembelian.
Dari empat elemen di
atas, dapat diketahui bahwa digital bisnis sudah masuk ke Indonesia. Berikut
merupakan tantangan dan peluang digital bisnis di Indonesia:
1. Berdasarkan
penelitian pada tahun 2015, harga internet di Indonesia tergolong murah
dibandingkan dengan negara lain yang disurvey. Tetapi yang menjadi tantangan
bagi Indonesia adalah kualitas internetnya masih buruk.
2. Peluang
bagi digital bisnis di Indonesia adalah penggunaan media sosialnya termasuk
tertinggi di dunia. Di Indonesia terdapat pasar yang sangat besar. Karena pada tahun
2016 pendapatan e-commerce di Indonesia berjumlah USD 6 miliar dan 78 persen
pengguna internetnya melakukan pembelian secara online serta 75 persen
pembelian online dilakukan melalui perangkat seluler.
Cukup banyak wirausaha
usaha yang telah memiliki target finansial. Beberapa langkah yang perlu
diperhatikan untuk mencapai target finansial adalah: (1) bagaimana cara mencari
pelanggan baru; (2) bagaimana cara membuat pelanggan loyal; (3) menghemat
biaya; dan (4) aset produktif. Untuk mencapai target finansial, pelaku bisnis
perlu mengetahui bagaimana cara mengejar kepuasan pelanggan. Selain itu, agar
pelanggan puas, proses internal apa yang harus pelaku usaha kerjakan. Selanjutnya,
agar proses internal yang diinginkan dapat tercapai, sumber daya manusia (SDM) dengan
kompetensi seperti apa yang perlu disediakan.
Untuk sukses dalam
bidang wirausaha, pelaku bisnis perlu mempersiapkan beberapa kompetensi. Berikut
merupakan kompetensi (skill) yang harus dimiliki apabila berniat menjadi
wirausaha digital:
1. Komunikasi
Komunikasi
merupakan skill penting bagi wirausaha. Wirausaha harus bisa menjelaskan
ide berulang kali, promosi ke investor atau customer. Dengan keterampilan
komunikasi baik pribadi maupun professional maka akan dapat membantu wirausaha
tersebut untuk berkembang,
2. Finansial
Memiliki
kecerdasan finansial sangat penting dalam berwirausaha. Kecerdasan finansial
yang dimiliki tidak perlu mendetail, dengan mengetahui arus kas (cash flow)
maka dapat cukup membantu wirausaha. Mengendalikan arus kas sangat penting baik
bagi semua pelaku bisnis.
3. Merk
Setiap
wirausaha harus memiliki merek dan setiap wirausaha adalah merek. Cara berbicara,
cara menanggapi email, dan cara memperkenalkan diri merupakan beberapa contoh
merek “citra” sebagai wirausaha. Perusahaan-perusahaan besar di dunia memiliki
merek yang kuat karena dipengaruhi oleh citra para pendirinya.
4. Marketing
Apabila
seorang wirausaha punya produk yang baik tapi tidak ada orang yang tahu, maka
produk tersebut tidak akan berharga. Pahami secara mendalam berbagai disiplin
ilmu pemasaran digital untuk mengoptimalkan search engine, digital marketing
di media sosial, pay per click, serta pemasaran konten.
5. Networking
Makin
luas relasi yang dibangun, makin kuat pula fondasi bisnis yang dimiliki oleh
wirausaha. Apabila pelaku bisnis menghadapi sebuah masalah dan tidak dapat
menyelesaikannya, maka dapat dibantu oleh relasi-relasi yang dimiliki.
6. Automation
Melakukan
hal yang sama berulang kali akan mengurangi produktivitas wirausaha. Jika suatu
hal dapat dilakukan oleh software, maka wirausaha harus mempelajari cara
menggunakan atau melakukan pendelegasian.
7. Design
Banyak
wirausaha yang mengabaikan “desain produk” dan terburu-buru masuk pasar
sehingga bertemu dengan kegagalan. Desain bukan hanya tampilan dari produk yang
akan dipasarkan, tetapi juga fungsinya.
8. Analytics
Belajar
menganalisis menjadi hal yang penting. Sehebat apapun firasat atau intuisi, tetap
perlu mempelajari membuat keputusan berdasarkan data. Pelaku bisnis perlu mempelajari
data yang berkaitan dengan keberlangsungan bisnisnya. Dari data-data tersebut,
maka pelaku bisnis dapat memperkirakan kapan permintaan barang akan meningkat
serta kapan harus memesan barang dari pemasok.
9. Technical
Pemrograman
memang suatu skill penting di dunia digital. Namun tidak semua harus dapat
menguasainya. Pemahaman sederhana tentang algoritma dan cara berpikir terstruktur
akan mengembangkan pemikiran logis untuk memecahkan masalah yang kompleks.
10. Learning
Online
learning
merupakan salah satu skill penting di era digital yang dapat membantu untuk
mengembangkan kinerja bisnis. Dengan adanya online learning, wirausaha
dapat mempelajari sendiri program-program yang dapat membantu keberlangsungan bisnisnya.
Good job! Posting terus artikel lainnya.
ReplyDeleteterima kasih informasinya!
ReplyDeleteinformasinya mantapppp......
ReplyDeleteinfomatif bangett
ReplyDeleteKeren ka
ReplyDeleteKeren banget
ReplyDelete